Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI

PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI

Posted by Abu iLyas, AMK. S.Pd. M.Si on Thursday 12 November 2015






PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI
Dosen : Drs. MUH. SHODIQ, M.Ag






 

A.    PENGERTIAN
 
1.    ETIMOLOGI
       Curriculum (bhs latin) : A running course, dan courier (bhs Perancis) : to run : berlari

2.    PENGERTIAN SEMPIT
Rencana mata pelajaran yang ditempuh atau diselesaikan siswa untuk mencapai tingkat tertentu. Implikasinya dinamika PBM, serta kreatifitas guru dan murid terhenti.

3.    PENGERTIAN LUAS
Semua kegiatan yang dilakukan dan dialami peserta didik dalam perkembangannya (formal/informal) guna mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum dalam arti luas ini menurut Beane (1986) dipandang sebagai : produk, program, hasil belajar, dan pengalaman belajar.

 
B.    KEDUDUKAN KURIKULUM
  1. Kurikulum sebagai alat dalam perencanaan keberhasilan suatu pendidikan yang dicita-citakan.
  2. Kurikulum sebagai penentu arah dalam pembelajaran yang terkait dengan proses maupun substansinya.
  3. Kurikulum terkait dengan perencanaan, pelaksanaan di lapangan, guru, lingkungan dll.                 


C.    MASALAH KURIK.& PERANAN GURU
  1. Pendidikan merupakan sektor penting dan strategis (pemerintah, keluarga dan individu) dalam kapasitasnya masing-masing.Konskuensinya perencanaan pendidikan harus menyerap dan mengkondisikan aspirasi pendidikan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.
  2. Perencanaan pendidikan harus dikorelasikan thd kebutuhan masyarakat.
  3. Kesesuaian program pendidikan harus diorientasikan pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang dan yang akan terjadi.
  4. Disadari bahwa proses pendidikan berkaitan dg kepentingan manusia masa kini dan masa yang akan datang.
  5. Jika dilihat dari aspek kurikulum, kita masih harus banyak bekerja untuk membenahi.
  6. Kurikulum sekolah kita dalam arti produk masih banyak kerancuan, misalnya kurikulum yang sarat dg mata pelajaran.
  7. Adanya mutual exclusive (secara tumpang tindih) baik secara vertikal maupun horizontal
  8. Aspek kurikulum dari proses pembelajaran dipandang sebagai blueprint.
  9. Praktek pendidikan kita telah lama berjalan dg. Model satu arah
  10. Sistem pembelajaran yang masih menggunakan banking concept guru selalu melakukan deposito berbagai informasi tanpa harus tahu untuk apa informasi itu bagi kehidupan mereka.

D.    KOMPONEN PENGEMB. KURIKULUM
  1. Komponen Tujuan (tujuan nasional, institusional, kurikuler)
  2. Komponen Isi (materi/bahan, struktur program)
  3. Komponen PBM (media/sarana, strategi, metode, perencanaan)
  4. Komponen Evaluasi (Ev. Kurikulum, materi dan proses belajar mengajar), sehingga komponen tersebut dapat diskemakan sbb:


KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

Kurikulum Pendidikan Islam identik dengan tujuan pendidikan Islam yakni :
  1. Tuj.Pragmatis :pemanfaatan hidup manusia di dunia
  2. Tuj.manusia muslim, iman, taqwa dan berilmu.
  3. Pengabdian diri kepada Khaliqnya dengan sepenuhnya.
  4. Berakhlak mulia sesuai dg hakikat kejadiannya.
Untuk menuju tujuan tersebut, maka kurikulum atau materi kurikulum pendidikan Islam dapat berupa : 1) bahan-bahan; 2) aktivitas; 3) pengalaman yang mengandung ketauhidan.
-    Bahan kurikulum : dari nash (Al-Qur’an dan Al-Hadits)
-     Realitas kehidupan.

Dalam kaitannya dengan kurikulum para pemikir (pendidikan) Islam mempunyai perbedaan dalam menetapkan materi kurik. :
1.    Ibnu Khaldun
a.    Ilmu lisan (bahasa) : ilmu lughoh, nahwu sharaf, balaghah, ma’ani, bayan, adab (sastra)
b.    Ilmu Naqli : Al-Qur’an, Al-Hadits
c.    Ilmu Aqli : logika, ilmu alam, teknologi, ilmu teknik, dll.
2.    Al-Ghazali
a.    Ilmu fardlu ‘ain : Al-Qur’an, fiqih, Hadits, dan tafsir.
b.     Ilmu fardlu Kifayah : metafisika,, ilmu kedokteran, ilmu teknik, ilmu pertanian, dan industri.

ASAS-ASAS PENGEMB. KURIKULUM
A.    Asas Filosofis : asas yang berkaitan dengan makna atau nilai.
B.    Asas Psikologis : asas yang mempengaruhi pengembangan kejiwaan dan bakat
C.    Asas Sosiologis : asas yang berkaitan dg. Prilaku sosial masyarakat
D.    Asas organisatoris : asas komprehensif yang menjelaskan asas-asas sebelumnya dalam mengorganisasikan suatu bentuk pembelajaran.

JENIS-JENIS KURIKULUM
1.    Sparated subject curriculum (kurik. Mt.pelajaran terpisah)
       Bahasa Arab
       Nahwu  Sharaf  Khat  Imla’  Muhadatsah  Qiraat  Balaghah
2.    Correlated Curriculum (yang menghubungkan dengan mata pelajaran lain).
3.    Broad field curriculum (kurikulum fusi)
Kurikulum yang berusaha meningkatkan materi dengan mengkombinasikan beberapa mata pelajaran. IPS ( sejarah, geografi, ilmu ekonomi, ilmu politik)
4.    Integrated curriculum (kurikulum terpadu) :
  • Memperoleh ilmu secara fungsional
  • Fleksibel
  • Guru, orang tua dan peserta didik merupakan komponen yang bertanggung jawab dlm proses pengembangannya.
  • Menyentuh aspek-aspek psikologi.

MACAM-MACAM INTEGRATED CURRICULUM
1)    The child centered curriculum (kurik. Yang berpusat pada anak)
2)    The social function curriculum (kurik. Yang dihubungkan dg. Fungsi sosial)
3)    The experience curriculum (kurik.yang mengacu pada pengalaman)
4)    Developmentel activity curriculum (kurik. Yang mengarah pd kegiatan pengembangan)
5)    Core curriculum (kurikulum inti)

PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
  1. Prinsip Relevansi : 1) relevansi pendidikan dg lingkungan; 2) relevansi pendidikan dg kehidupan sekarang dan yang akan datang; 3) relevansi pendidikan dg dunia kerja; 4) relevansi pendidikan dg ilmu pengetahuan.
  2. Prinsip Efektivitas : 1) antara perencanaan KBM dengan pelaksanaan; 2) efektivitas belajar peserta didik dengan tujuan yang diinginkan oleh peserta didik.
  3. P Efisiensi : yaitu terciptanya efisiensi proses belajar mengajar, apabila usaha, biaya, waktu, dan tenaga yang digunakan untuk menyelesaikan program tersebut sangat optimal dan hasilnya seoptimal mungkin dengan pertimbangan yang rasional dan wajar.
  4. P.kesinambungan(kontinyuitas) :kesinambungan antara berbagai tingkat sekolah (bahan ajar SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA DST). Kesinambungan antara berbagai bidang studi (mengubah angka temperature dari skala Celsius menjadi Fahrenhit)pada mata pelajaran IPA sudah harus diajarkan sebelum peserta didik mempelajari cara mengubah temperature.
  5. Prinsip fleksibilitas (keluwesan) : Fleksibel dalam memilih program pendidikan (pilihan spesialisasi program) pendidikan yang ditawarkan, fleksibel dalam pengembangan program pengajaran oleh pendidik.
  6. Prinsip berorientasi pada tujuan : yang berarti sebelum bahan ditentukan langkah pertama,menentukan tujuan kmd menetapkan metode mengajar, alat pengajaran dan evaluasi.
  7. Prinsip dan model pengembangan kurikulum : pengembangan kurikulum dilakukan secara bertahap dan terus menerus, dengan cara memperhatikan tingkat hasil yang dicapai dan melakukan perbaikan, pemantapan, dan pengembangan lebih lanjut.

LANGKAH DLM PENGEMB. KURIKULUM

  1. Adakan penilaian secara umum tentang sekolah (tinggi/rendah prestsi, das sollen dan das sein, sumber-sumber belajar memadai/tidak memadai)
  2. Selidiki berbagai kebutuhan (siswa, guru, perubahan dan perbaikan)
  3. Identifikasi masalah dan rumuskan dan berilah skala prioritas thd kebutuhan.
  4. Ajukan saran perbaikan secara tertulis
  5. Siapkan desain perencanaan
  6. Berikan evaluasi apakah perencanaan dapat dilaksanakan dengan baik
  7. Mantapkan suatu perbaikan, bila baik dapat diteruskan dan perbaikan dijadikan sebagai pedoman selanjutnya, dan bila kurang dapat dilakukan perbaikan.
  8. Libatkan peran (guru, peserta didik, kepala sekolah, inspeksi di Kanwil, orang tua, dan tokoh masyarakat.

EVALUASI PENGEMB. KURIKULUM
Aspek yang harus dievaluasi dalam pengembangan kurikulum antara lain :
1.    Aspek tujuan umum
2.    Aspek perencanaan
3.    Aspek uji coba dan revisi
4.    Aspek uji coba lapangan
5.    Aspek pelaksanaan kurikulum
6.    Aspek pengawasan mutu pelaksanaan kurikulum





----------
Abu ilyas

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Abu iLyas, AMK. S.Pd. M.Si. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger