Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » MAKALAH -- ILMU PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN

MAKALAH -- ILMU PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN

Posted by Abu iLyas, AMK. S.Pd. M.Si on Wednesday 11 November 2015




MAKALAH
ILMU PENDIDIKAN ISLAM DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Islam
Dosen : Dr. Hj. Lilis Fatimah


 
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
       Dalam kehidupan berkeluarga, berorganisasi, bermasyarakat, dan bernegara, manejemen merupakan upaya yang sanagt penting untuk mencapai tujuan bersama. Pendidikan yang slah satu faktor penting dalam kehidupan manusia sudah semestinya mendapat perhatian penting dalam hal manejemennya. Pendidikan yang baik merupakan tolok ukur bagi sebuah bangsa tau negara dalam hal kemajuan yang di capai tidak terkecuali dalam Islam.
       Pendidikan dalam Islam sudah semestinya dikelola dan di manage dengan sebaik-baiknya. Manajemen pendidikan Islam merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kehidupan umat dari keterbelakangan baik secara moral, materi, dan spiritual. Dalam Islam, manajemen adalah hal yang sangat penting. Hal ini tampak dalam ungkapan bijak’ “sesuatu yang haq yang tidak di organisir terkadang dikalahkan oleh sesuatu yang batil yang terorganisir”

B.    Rumusan Masalah
1.    Apa yang dimaksud manajemen Pendidikan Islam ?
2.    Apa saja unsur-unsur pendukung manajemen dalam Pendidikan Islam ?
3.    Apa saja standar pendidikan dalam pendidikan islam ?

C.    Tujuan
Setelah membaca dan mempelajari makalah ini, diharapkan mahasiswa mampu:
1.    Mengetahui manajemen pendidikan Islam.
2.    Mengetahui unsur-unsur pendukung manajemen dalam pendidikan Islam.
3.    Mengetahui standar pendidikan dalam pendidikan islam.



BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertin Manajemen dalam Pendidikan Islam
       Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris dari kata kerja “to manage” yang sinonimnya antara lain; “to hand’ berarti mengurus, “to control” berarti memeriksa, “to guide” berarti memimpin. Dalam kamus istilah populer, kata manajemen mempunyai arti pengelolaan usaha, kepengurusan, ketatalaksanaan, penggunaan sumberdaya secara efektif untuk mencapai sasaran yang di inginkan direksi. (Pius A Partanto, M. Dahlan Al Barry, Kamus ilmiah Populer).
       Sedangkan manajemen pendidikan adalah aktifitas memadukan sumber-sumber pendidikan agar terpusat dalam usaha mencapai tujuan pendidikan yang telah di tentukan. Manajemen pendidikan merupakan suatu sisem pengelolaan dan penataan sumber daya pendidikan, seperti tenaga kependidikan, peserta didik, masyarakat, kurikulum, dana, sarana dan prasarana pendidikan, tata laksana, dan lingkungan. Pendapat yang lain manajemen pendidikan di rumuskan sebagai mobilisasi segala sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. (Puji Astutik, Makalah Pemikiran Filosofis Tentang manajemen Pendidikan Islam)
       Sedangkan manejemen pendidikan Islam menurut Sulistyorini adalah suatu proses penataan atau pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang melibatkan sumberdaya manusia muslim dan manusia dalam menggerakkannya untuk mencapai tujuan pendidikan Islam secara efektif dan efisien. Senada sebagaiman pengertian di atas, Muhaimin mengatakan bahwa manajemen pendidikan Islam adalah bagaimana menggunakan dan mengelola sumberdaya pendidikan Islam secara efektif untuk mencapai tujuan pengembangan, kemajuan, dan kualitas proses dan hasil pendidikan Islam itu sendiri. (Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam).

B.    Unsur-unsur Pendukung Manejemen dalam Pendidikan 
        Islam
       Unsur-unsur manajemen pendidikan Islam merupakan fungsi manajemen. Dimana ketika unsur-unsur yang ada tidak dijalankan maka optimalisasi hasil tidak akan tercapai. Adapun unsur pendukung manajemen pendidikan Islam yaitu :

1.   Planing (Perencanaan)
       Perencanaan adalah sebuah proses yang dilakukan dalam menentukan visi dan misi serta langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut. Allah memberikan arahan bahwa setiap orang beriman dan bertakwa hendaknya memperhatikan hari esok.
       Planing adalah suatu proses pemikiran, baik secara garis besar maupun secara mendetail. Proses berpikir dilakukan untuk menghindari kerugian atau kegagalan.

2.   Organizing (Pengorganisasian)
       Adalah penyusunan dan pengaturan bagian-bagian hingga menjadi suatu kesatuan. Organizing diperlukan dalam pendidikan Islam dalam rangka menyatukan visi misi sehingga tujuan bisa tercapai. Berkaitan dengan hal ini ada ungkapan ahli bijak yaitu ; ”Kebenaran yang tidak di organisir pasti akan dikalahkan oleh sesuatu yang bathil yang di organisir “
       Pengorganisasian bertujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Selain itu, mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut.

3.   Actuating (Pelaksanaan/Tindakan)
       Actuating pada hakikatnya adalah menggerakkan orang-orang untuk mencapai tujuan yang ditetapkan secara efektif dan efisien. Actuating merupakan aplikasi atau pelaksanaan dari planing yang telah di susun dan direncanakan.

4.    Controlling (Pengawasan)
       Pengawasan merupakan pengamatan terhadap pelaksanaan kegiatan, menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan yang mengarah demi tercapainya tujuan yang telah di rencanakan dan ditetapkan.
Pengawasan merupakan penentu terhadap apa yang harus dilaksanakan sekaligus menilai dan memeperbaiki sehingga pelaksanaan program sesuai dengan apa yang direncanakan oleh pendidikan Islam.

5.    Evaluating (Penilaian)
       Penilaian adalah proses pengukuran dan perbandingan hasil-hasil pekerjaan yang nyatanya dicapai dengan hasil-hasil yang seharusnya dicapai. Penilaian adalah aktivitas untuk meneliti dan mengetahui sampai dimana pelaksanaan yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.
       Dengan adanya penilaian maka akan dapat diketahui kekurangan dan kelemahan sehingga dapat direncanakan cara memperbaikinya.

6.    Suvervising (Perbaikan)
Supervising adalah suatu proses perbaikan terhadap pelaksanaan kegiatan dengan pedoman pada standar dan peraturan yang berlaku dengan bertujuan agar hasil dari kegiatan tersebut sesuai dengan perencanaan.



C.    Standar Pendidikan dalam Pendidikan Islam
       Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Standar Nasional Pendidikan berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.
       Standar Nasional Pendidikan bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Standar Nasional Pendidikan disempurnakan secara terencana, terarah, dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.
      Pada ilmu pendidikan Islam dengan pendekatan manajemen nantinya harus mengarah pada standar pendidikan nasional, yang mencakup:
  1. Standar isi yakni, ruang lingkup materi dan tingat kompetensi yang dituangkan dalam kreteria tentang kompetensi kelulusan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran dan silabus pemebelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
  2. Standar proses/kegiatan belajar mengajar, adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.
  3. Standar kompetensi lulusan, dapat digunakan sebagai penilaian dalam menentukan kelulusan pesera didik dari stuan pendidikan.
  4. Standar pendidik dan tenaga kependidikan, adalah kreteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental serta pendidikan dalam jabatan.
  5. Standar sarana prasarana, adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kerteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolah raga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi, serta sumber belajar lainnya yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran.
  6. Standar pengelolaan, adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasaan kegiatan pendiddikan pada tingkat satuan pendidikan.
  7. Sumber pembiayaan, adalah standar yang mengatur komponen dan besarnya biaya operasional satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun.
  8. Standar penilaian pendidikan, adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.



 
BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan
 
       Dari pemaparan makalah diatas dapat di ambil kesimpulan :
  1. Manajemen pendidikan Islam adalah suatu proses penataan atau pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang melibatkan sumberdaya manusia muslim dan non manusia demi menggerakkannya untuk mencapai pendidian Islam secara efektif dan efisien.
  2. Unsur-unsur pendukung manajemen dalam pendidikan Islam meliputi planning, organisizing, actuating, dan controlling.
  3. Standar Pendidikan dalam Islam meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi kelulusan, standar pendidik dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.

B.    Saran
       Semoga makalah Manajemen Pendidikan ini bisa menambah wawasan kita dan memberian informasi kepada kita semua dalam hal pengetahuan dalam manajemen pendidikan dalam islam dan kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari hari.




DAFTAR PUSTAKA


Astutik ,Puji, Makalah Pemikiran Filosofis Tentang manajemen Pendidikan Islam, 2007.

A. Partanto ,Pius, M. Dahlan Al Barry, Kamus ilmiah Populer, (Surabaya; Arkola,1994).

Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, (Bandung,: Nuansa Baru, 2003)

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009)




SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Abu iLyas, AMK. S.Pd. M.Si. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger